17 Oktober 2017

Air Terjun / Curug Ciherang - Jonggol, Bogor, Jawa Barat


Air Terjun / Curug Ciherang - Jonggol, Bogor, Jawa Barat.
(Obyek wisata air terjun / curug sebagai salah satu wisata unggulan di jonggol).

Pengalaman penulis saat mengunjungi salah satu obyek wisata unggulan yang ada di daerah jonggol:
Obyek wisata   : Air terjun / curug ciherang
Tanggal            : Senin, 17 April 2017 
Alamat             : Daerah jonggol/sirnajaya, sukamakmur, wargajaya, bogor - jawa barat 16830.

Untuk postingan artikel ini saya akan memberikan ulasan sedikit banyaknya informasi mengenai air terjun / curug ciherang dengan disertai dengan beberapa dokumentasi photo yang saya abadikan saat berada di obyek wisata tersebut dan dengan informasi lainnya:
Tiket masuk /Orang       : Rp. 15.000
Retribusi kebersihan      : Rp.   3.000
Tiket kendaraan roda 2  : Rp.   2.000
Tiket kendaraan roda 4  : Rp.   4.000

Untuk bisa menikmati dan berphoto dirumah pohon yang ada di kawasan curug ciherang dikenakan tarif tambahan Rp. 5.000 sebagai sarana pemeliharaan rumah pohon, namun jika kalian sedang beruntung, kalian bisa menikmatinya dengan gratis atau tanpa di pungut biaya lagi.

Jika ada pertanyaan bisa di tanyakan pada kolom komentar di bawah artikel ini, terimakasih dan selamat membaca.
Kordinat lokasi yang di lihat dari google maps, memaksimalkan kecanggihan teknologi dan mempermudah kita menuju suatu tempat, kita dapat menggunakan google maps.

Jika kalian masih binggung dengan penggunaan fitur google maps pada smartphone kalian, dalam penentuan arah perjalanan kalian menuju air terjun / curug ciherang, untuk itu saya akan memberikan informasi jalur yang saya lewati sewaktu saya pergi ke air terjun / curug ciherang.

- Perjalanan saya mulai dari posisi saya, tepatnya di jakarta utara - melalui jalan yos sudarso - melewati jalan jendral ahmad yani - jalan d i panjaitan - jalan mayor jendral sutoyo - di pertigaan pusat grosir cililitan ambil arah jalan raya bogor - sampai di pertigaan cibinong atau daerah tapos belok ke kiri arah jalan raya mayor oking jaya atmaja - lanjut sampai ke perempatan jalan polsek citeurep ambil arah kiri ke jalan sabilillah - lanjut ke jalan tajur - terus saja ikuti jalan raya tajur lewibilik - jalan parung panteng - ikuti terus ke jalan cibadak sukamakmur daerah cibadak - menuju ke jalan lintas tiga - ikuti jalur ke jalan kebon nanas - sampai pertigaan kalian akan sampai  di antara jalan kebon nanas dan jalan kampung ciherang - ambil jalan kampung ciherang ke jalan wanajaya lurus terus sampai pertigaan jalan kampung ciherang dan jalan puncak dua, jika tujuan kalian ke curug ciherang ambil arah kanan kalian akan menemukan sebuah bilboard bertuliskan " selamat datang di agro wisata alam bukit batu, curug ciherang puncak 2 ", ikuti saja jalan tersebut tidak jauh dari bilboard kalian akan menemukan pintu masuk ke obyek wisata air terjun / curug ciherang.

Lebih Singkatnya saya mulai perjalanan dari jakarta utara menuju jalan raya bogor, sampai di pertigaan cibinong setelah turun dari underpass belok ke kiri menuju daerah sukamakmur cibadak hingga ke jalan puncak dua nanti ketemu bilboard bertuliskan " selamat datang di agro wisata alam bukit batu, curug ciherang puncak 2 ". Banyak rute / jalur lainnya yang bisa kalian coba dengan menentukan jarak terdekat dari posisi kalian dan yang menurut kalian ingin kalian lalui.


Curug ciherang merupakan obyek wisata alam yang indah, salah satu obyek wisata unggulan yang harus kalian datangi tepatnya di daerah jongol, lokasinya yang tidak jauh dari obyek wisata air terjun / curug cipamingkis dan situ rawa gede, entah kenapa sebenarnya saya sangat terkejut saat mendengar bahwa di daerah jonggol ada beberapa obyek wisata. Awalnya sempat ragu ada obyek wisata didaerah jonggol yang di rekomendasi dan mulai dikenal di dunia maya, namun saya dengan sodara saya memberanikan diri pergi kesana tanpa tau posisi tepatnya, perjalanan trsebut adalah perjalnan saya pertama kali menuju daerah jonggol dan untuk memenuhi rasa penasaran kami akan obyek wisata tersebut dan juga menggunakan GPS di smartphone kami sebagai acuan perjalanan menuju air terjun / curug ciherang.

Kamipun lantas untuk menuju tempat tersebut. dan setelah saya melihat langsung dan menikmatinya, saya sangat salut dengan pengelolaan obyek wisata air terjun / curug ciherang, dan sangat merekomendasikan kepada kalian-kalian yang penasaran terhadap obyek wisata ini, salah satunya adalah obyek wisata air terjun / curug ciherang.

Cuplikan video yang ada di bawah ini adalah menunjukan akses jalan dari pintu masuk curug ciherang menuju area parkir kendaraan , jalan yang di buat dengan susunan batu membuat sebagai pondasi jalan membuat perjalanan menanjak kendaraan yang kita gunakan tidak mudah tergelincir atau mundur kebawa, jadi pengelola dan warga sekitar membuat lebih kokoh dengan pondasi bebatuan seperti itu, dari pada akses jalan yang tidak terurus atau dibuat tanpa pondasi bebatuan, jika hujan jalanan akan licin dan penuh lumpur yang mengakibatkan kendaraan mudah tergelincir.

Chanel Youtube : Muhammad Fanny70

Obyek wisata curug ciherang ini bukan hanya obyek wisata yang menyuguhkan pemandangan air terjun/ curug yang luar biasa keren, namun dilengkapi juga dengan area outbond di sekitar rumah teletabis, ada pula area berkemah / penginapan (di informasikan terlebih dahulu kepada pengelola obyek wisatanya), warung-warung penduduk dan lainnya. dan sekali lagi saya sampaikan, saya sangat merekomendasikannya untuk kalian semua kunjungi.


Area parkir kendaraan curug ciherang

Dalam Photo ini saya menunjukan area parkir kendaraan yang telah di kelola sedemikian rupa yang dengan terkordinir dan rapih, penjaga parkir kendaraan yang selalu ada di posisi, sehingga aman untuk memarkirkan kendaraan kalian diarea parkir tersebut, namun untuk jaga-jaga lakukan kunci stang motor yang baik, dan sebelum meninggalkan kendaraan periksa kembali barang bawaan  anda jangan sampai tertinggal terutama kunci motor.

Pemandangan di undak tebing batu depan rumah pohon curug ciherang

Tebing batu di area curug ciherang

Pemandangan yang bisa kalian lihat dan menikamatinya secara puas, bagaimana tidak pemandangan yang seolah kita melihat teater keren dengan pemandangan pegunungan yang menjulang tinggi dan hamparan hutan hijau yang menawan, udara yang berhembus kencangan membuat pikiran kita tenang dan damai. Jika kalian berada di undak tebing batu rasa-rasanya kalian pasti tidak mau beranjak dari tempat tersebut dan terus menatap keindahannya (akses jalan menuju curug ciherang sudah di renofasi sebaik mungkin oleh pengelola dan warga).

" Dokumentasi rumah pohon ciherang saya skip biar kalian penasaran untuk mengunjunginya "


Dapat dilihat dari kejauhan curug ciherang setelah melewati rumah pohon ciherang, tidak perlu cemas jalan yang akan kalian lalui menuju air terjun / curug ciherang sudah bisa kalian lihat sendiri kan jalannya tidak sulit untuk di lalui, pengelola curug dan warga sekita telah mengkordinir dalam membenahi akses jalannya obyek wisata tersebut sehingga memudahkan pengunjung untuk melewati jalan menuju curug ciherang.

Tampak depan curug ciherang - jonggol, bogor
























Jika kalian melihat photo ini mungkin tampak tidak terlau besar, namun jangan salah lihat, perhatikan baik-baik dan cermati dengan benar, curug ini lumayan tinggi dan besar debit airnya , tidak di sarankan mandi atau bermain air di jarak 3-4 meter dari bawah persis air terjunnya.

Klip Video ini menunjukan keadaan di air terjun / curug ciherang - jonggo, bogor, jawa barat.


Chanel Youtube : Muhammad Fanny70
https://www.youtube.com/watch?v=_K6_cw_KPRI

Mencoba berada dekat dengan air terjun, namun posisi saya terpantau aman atas anjuran petugas pengelola, untuk sekedar mengambil photo dan tidak lama saya berada di jarak tersebut.


Photo ini saya ambil di air terjun / curug ciherang, saya tidak berdiri di bawah air terjunnya langsung , dengan mengambil jarak berkisar 4-5 meter dari air terjun / curug ciherang, dengan jarak 4-5 meter saja hempasan air yang jatuh terasa sangat kencang dan kuat, membuat saya sangat basa kuyup dan airnya begitu segar dan dingin terasa.

Alasan saya mengambil jarak untuk mengambil photo dengan background air terjun / curug ciherang karena saya selalu mengambil jarak yang aman jika curug tersebut sangat besar dan debit airnya besar. Ingat .... jadilah orang yang bijak dalam menikamti waktu liburan kalian, jangan hanya karna ingin terlihat hits atau untuk kebutuhan dokumentasi media sosial kalian, kalian mengabaikan keamanan diri kalian sendiri.

Tetapi jangan takut, di air terjun / curug ciherang ada tempat aman untuk bermain air atau berenang lokasinya di tingkat di bawahnya, di area itu dibuat aman oleh pengelola sehingga pengunjung dapat puas mandi, berenang bahkan sekedar main -main air. Air yang jernih dan terasa segar membuat saya dan saudara saya atau bahkan kalian yang merasakan pasti betah untuk berlama-lama berada di air terjun / curug ciherang.

Terimakasih telah mengunjungi dan membaca artikel di https://maincurug.blogspot.co.id
dan jangan lupa juga untuk mengunjungi chanel youtube Muhammad Fanny70

Salam @maincurug


5 komentar:

Air Terjun / Curug Ciherang - Jonggol, Bogor, Jawa Barat

Air Terjun / Curug Ciherang - Jonggol, Bogor, Jawa Barat. (Obyek wisata air terjun / curug sebagai salah satu wisata unggulan di jonggo...