30 Agustus 2017

Air Terjun / Curug Panjang - Megamendung, Puncak Bogor, Jawa Barat.

Air Terjun / Curug Panjang - Megamendung, Puncak Bogor, Jawa Barat

Salam @Main Curug

Kalian sedang merencanakan liburan, apalagi kalian-kalian yang tinggal di ibukota jakarta dan ingin melepas penat karena sibuknya pekerjaan atau tugas-tugas lainnya, ternyata ada obyek wisata yang dekat dengan jakarta.

Kalian yang ingin berwisata mencari suasana alam yang asri dan aliran air terjun yang segar, kalian bisa cantumin salah satunya adalah obyek wisata air terjun / curug panjang. Curug panjang ini adalah salah satu obyek wisata andalan yang ada di daerah bogor.

Informasi Obyek Wisata,
Obyek Wisata  : Air Terjun / Curug Panjang
Tanggal            : Rabu, 05 Oktober 2016
Alamat             : Daerah Citamiang, Paseban, Kec. Megamendung, Puncak Bogor, Bogor, Jawa Barat.

Informasi Lainnya,
Tiket Masuk Obyek Wisata      : Rp. 10.000 / Orang
Tiket Parkir Kendaraan roda 2 : Rp.   3.000
Tiket Parkir Kendaraan roda 4 : Rp.   7.500

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan informasi pengalaman saya saat saya mengunjungi obyek wisata air terjun / curug panjang ini.

Saya berangkat pada tanggal 05 Oktober 2016 (Rabu), saya memulai perjalanan sekitar pukul 23:30. Perjalanan saya dimulai dari jakarta pada malam hari, saya memulai perjalana ini tidak sendiri, saya di temani saudara saya, dengan mengendarai motor scoppy. Alasan saya memulai perjalanan di malam hari tidak lain untuk menghindari kemacetan yang selalu terjadi di jakarta.

Denga perlengkapan dan persiapan yang sangat matang, sepanjang perjalanan malam saya, saya tidak menemui kemacetan yang membuat penat, namun di titik-titik area tertentu seperti pasar kramat jati dan pasar-pasar yang kami lalui sepanjang jalur menuju bogor, say harus mengurangi kecepatan kendaraan dengan kecepatan perlahan dikarenakan aktivitas pasar yang buka dimalam hari cukup ramai, selebihnya perjalanan saya laui lancar dan aman.

Tips dari saya jika kalian memutuskan untuk berlibur dengan mengambil waktu perjalanan malam hari untuk keberangkatan kalian, hal yang perlu di ingat adalah,
1. Berdo'a
2. Istirahat yang cukup untuk perjalanan di malam hari nantinya, jangan berkendara dengan keadaan mengantuk
3. Jangan lupa makan, tidak di anjurkan memulai perjalanan malam dengan perut kosong
4. Periksa kendaraan dengan teliti, baik keadaan mesin, ban, rem, bahan bakar, surat-surat dan lainnya yang menunjang keselamatan anda dalam berkendara.
5. Periksa kembali perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan saat berlibur, dan
6. Selalu berhati-hati selama berkendara.

Saya menggunakan Google Maps sebagai acuan jalur yang akan kami tempuh, karna menurut saya google translate sangat memudahkan perjalanan saya dalam mencari arah jalan.

Screansort yang saya lampirkan ini menunjukan arah dari jakarta menuju kota bogor sebagai patokan arah pertama perjalanan saya, namun jika kaian dari kota lain yang merencanakan berlibur ke curug panjang ini bisa menyesuaikan navigasi arah tujuan dari-ke pada menu arah tujuan di google maps.

Perjalanan saya dapat kalian lihat dengan screancort google maps ini, dengan jarak dari jakarta utara menuju kota bogor, saya tidak mendetail dimana saya beristirahat selama perjalanan menuju kota bogor karna sifatnya fleksibel atau dimana saja selagi itu kalian butuhkan untuk istirahat, baik untuk membeli kopi atau keperluan lainnya, sekedar beristirahat dan mengisi bahan bakar motor. Waktu itu  sekiranya jam menunjukan pukul 01:50 ( 07-10/2016 ) saya sampai di kota bogor.

Istirahat sejenak untuk minum kopi atau makan cemilan.

Saya melanjutkan kembali perjalanan saya menuju masjid Atta'Awun, kenapa tujuan saya ke atta'awun karena di masjid tersebut tempat/spot terbaik untuk istirahat karena banyak warung-warung yang buka 24 jam untuk mengisi perut kembali dan menunggu waktu sholat subuh, dan kalian perlu tau view pagi hari di masjid atta'awun puncak bogor itu keren sekali, apalagi sambil minum secangkir kopi/coklat hangat.

Bisa kalian lihat arah dan jarak perjalana saya dari kota bogor menuju masjid atta'awun yang berada di puncak bogor. Sesampainya di masjid atta'awun pukul 03:25 pagi.

Photo saya saat menikmati istirahat saya di warung sekitar masjid atta'awun

Saya beristirahat di tempat tersebut cukup lama, sekitar 2 jam lebih 5 menit, baik itu saya habiskan untuk istirahata, solat, dan menungu pemandangan pagi hari di puncak bogor sembari merasakan diginnya hembusan dingin angin di puncak bogor.

View yang dapat kalian jumpai di masjid atta'awun tidak kalah keren, di dominasi barisan bukit dan gunung-gunung yang ada di sekitar puncak bogor. Saya jamin kalian pasti betah berlama - lama berada di puncak bogor.

Setelah saya rasa cukup beristirahat, saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan kembali sekitar pukul 05:30 pagi. Saya kembali turun dari masjid atta'awun menuju daerah megamendung. Kenapa... ? karena tujuan saya ada di bawah masjid atta'awun, perjalanan saya menuju desa citamiang, namun saya sempatkan berhenti di warung nasi di jalan cisarua untk mengisi kembali perut.

Setelah energi terisi kembali dan merasa cukup kenyang, saya melanjutkan perjalanan kembali menuju obyek wisata curug panjang.

kalian yang ragu karena tidak tau arah tujuan atau takut tersesat di perjalanan, sekali lagi saya sampaikan, manfaatkan kecanggihan teknologi dengan mengakses google maps di handphone kalian. namun jika akses internet atau sinyal data provaider kalian lemah bahkan tidak ada sama sekali, usahakan kalian untuk bertanya kepada warga sekitar yang kalian jumpai selama di perjalanan.

Jangan malu untuk bertanya, karna akibatnya fatal jika kalian tidak tau daerah atau memaksakan jalan tanpa arahan dan tidak mengenal betul daerah tersebut. Perlu kalian ingat cek selalu bahan bakar dan keadaan kendaraan kalian, jangan sampai kendaraan kalian kehabisan bahan bakar atau terjadi kerusakan kendaraan di tengah perjalanan. Perjalanan ke air terjun/ curug panjang sangat berat dan terjal karna akses jalan yang saya lewati itu jalur arah belakang obyek wisata dan bukan arah depan, ada dua akses jalur menuju ke air terjun / curug panjang.

Sampai juga saya dan saudara saya di obyek wisata yang dituju.

Sekedar informasi bahwa warga dan pihak pengelola curug panjang sudah memperbaiki akses jalan yang dulunya berlubang dan penuh lumpur menjadi mudah untuk di lewati (untuk akses lewat depan), jika kalian terlanjur lewat belakang seperti saya saat itu, jalanya terjal berbatu akan kalian jumpai sampai area parkir kendaraan.

Photo akses pejalan kaki menuju curug panjang yang tidak jauh dari area parkir kendaraan.

Akhirnya saya sampai di tempat tujuan, setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, sampailah kami pada hari kamis, bukan hari libur nasional atau weekend, karena saya dan saudara saya mengajukan cuti kerja di hari kerja bukan di hari libur, saat saya sampai di area curugnya suasana di air terjun / curug panjang megamendung cukup sepi, jelas karna ini bukan hari libur ataupun long weekend, namun kami tidak sendiri masih ada beberapa pengunjung lain, kalau bisa di hitung sekitar 12 orang yang ada saat itu.

Photo yang di ambil dengan jarak 5-6 meter dari posisi air terjun / curug panjang.

Apa kalian tau bahwa air terjun / curug panjang adalah kategori curug yang berbaha untuk berenang di bawah area air terjunya langsung, curug yang memiliki himbauan/ peringatan tegas agar pengunjung tidak melompat atau berenang tepat di bawah air terjunya, baik dari undakan aliran air dan arus pusaran yang kita tidak tau seberapa kencangnya dibawah air terjunnya tersebut, carilah area yang aman dan nyaman yang bisa kalian nikmati. Dengan begitu kalian pasti tidak ragu untuk berkunjung ke obyek wisata curug panjang.

Sekedar info buat semua:
- curug ini termasuk curug berbahaya walau terlihat tenang airnya.
- biasakan untuk mereview atau mencari tau keadaan tempat wisata yang akan kita datangi baik dariinternet atau dari pihak pengelola dan warga sekitar yang benar benar tau keadaan obyek wisata tersebut.
- jaga sikap dan ucapan .baik interaksi dengan warga sekitar ataupun pengunjung lain, agar kita sama-sama menimati liburan kita di obyek wisata ini.

Menurut warga yang kami tanya di sekitar air terjun / curug mega mendung, bahwa pada musim kering kedalaman curugnya berkisar 4-5 meter dan jika musim hujan debitnya bisa lebih deras dengan kedalaman bisa lebih dari 8 meter. pdan saya ingatkan kembali jangan mencoba-coba untuk bermain  air atau berenang di bawah aliran air terjun / curug megamendungnya, karna kita tidak akan tau kuatnya pusaran dan arus di dalam air terjun tersebut.

Namun jangan panik atau berfikir macam-macam dulu.
Masih ada area aman untuk bermain air atau berenang di area yang sudah di tentukan pengelola obyek wisata air terjun / curug panjang megamendung, pemandangan yang bisa kita lihat di sekitar air terjun ini sangat asri dan sejuk udaranya, aplagi air yang mengalir dari air terjunya sungguh sangat segar dan dingin.

saya ingatkan kembali, selagi kita mematuhi instruksi atau himbauan yang sudah di buat pengelola, tentunya kita pasti aman dan nyaman untuk menikmati liburan kita di obyek wisata air terjun / curug panjang megamendung, dan di obyek wisata ini juga banyak pohon pinusnya, untuk kalian yang ingin mendirikan tenda atau hammock.

Saya mengahbiskan waktu 1 jam untuk mendokumentasi dan menikmati keindahan curug panjang megamendung, namun saya tidak memutuskan untuk mandi, hanya merendam kaki saja, karena setibanya saya disana, baru saja hujan sehingga debit air terjun / curug panjang megamendung sedang meningkat dan sangat deras.

Sebisa mungkin untuk tidak datang saat hujan walaupun gerimis kecil, karena kita tidak tau keadaan hujan di hulu, lebih baik tunggu hingga selesai hujan jika terlampau sudah di tempat.

Alasan saya dan saudara saya tidak mandi di curug panjang, dikarenakan kami akan menuju obyek wisata curug yang lainnya, jika agan dan sista ingin tau review curug/air terjun apa yang saya akan datangi setelah ini, kalian bisa pantengin terus artikel lainnya di blog https://maincurug.blogspot.co.id

Selamat liburan dan sampai jumpa di maincurug.blogspot.co.id