20 Oktober 2017

Air Terjun / Curug Citambur - Cianjur Selatan, Jawa Barat

Photo papan nama curug citambur - cianjur selatan

Pengalaman penulis saat mengunjungi obyek wisata di daerah cianjur selatan,
Obyek wisata   : Air Terjun / Curug Citambur
Ketinggian       : + 130 Meter
Tanggal            : Selasa, 01 Agustus 2017
Alamat             : Daerah Karangjaya, Kec. Pasir Kuda, Kab. Cianjur Selatan, Jawa Barat.

Untuk postingan artikel kali ini, saya akan mengulas pengalaman saya tentang kunjungan saya berwisata ke obyek wisata air terjun / curug citambur dan dengan dokumentasi photo yang saya abadikan selama saya berada di obyek wisata tersebut.

Informasi lainnya :
Tiket masuk /Orang       : Rp. 12.500
Tiket kendaraan roda 2  : Rp.   2.000
Tiket kendaraan roda 4  : Rp.   5.000

Jika kalian kurang paham dengan penggunaan google maps pada smartphone kalian dalam menentukan arah perjalanan menuju air terjun / curug citambur, dari itu saya akan memberikan informasi jalur perjalanan yang saya lewati sewaktu saya mengunjungi obyek wisata ke air terjun / curug citambur.

- Perjalanan saya mulai dari posisi saya, tepatnya di jakarta utara - melalui jl. yos sudarso - melewati jl. jendral ahmad yani - jl. d.i panjaitan - jl. mayor jendral sutoyo - di pertigaan pusat grosir cililitan ambil arah jl. raya bogor - menuju jl. pajajaran - menuju arah puncak bogor - jl. raya ciawi cianjur - saat kalian sampai pada perempatan jalan di cianjur ambil jl. suroso - mentok ambil kanan ke jl. peritis kemerdekaan - ikut jl. raya cibeber - pertigaan sukanagara lurus terus ke jl. cempaka sukawardana ( arah pasar induk sukanagara cianjur selatan ) - lanjut ke jl. pagelaran sukanagara - sampai simpang sinagar ke jl. nenggeng - ikuti jalur suka jaya ke jl. karang jaya.

Namun kalian - kalian yang pusing dengan penjelasannya rute yang saya jelaskan di atas, maka saya akan mempersingkatnya. Rute yang saya lewati saat berkunjung ke air terjun / curug citambur. Dari jakarta saya menuju arah cianjur selatan, mengambil arah belakang menuju obyek wisata tersebut, namun jika kalian memutuskan untuk mengunjunginya dari arah depan, kalian bisa menuju arah bandung terlebih dahulu dan menuju arah ciwidey ( sebelum pertigaan kantor kecamatan rancabali ambil arah kanan ke jl. karang jaya ).

Rest di warung dekat pintu masuk air terjun / curug citambur

Setelah saya sampai di air terjun / curug citambur, dengan memarkirkan kendaraan, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak untuk menikmati segelas kopi hangat dan makanan ringan yang di jual di warung warga tersebut, saudara saya lebih memilih untuk membeli mie rebus sebagai pengganjal perutnya beserta teh manis hangat, sekitar 30 menit kami habiskan waktu istirahat sebelum track jalan menuju curugnya.

Perjalanan yang saya lalui tidaklah mudah apalagi dengan jarak yang cukup jauh mengendarai motor, dari jakarta dini hari dan sampai di obyek wisata air terjun / curug citambur pagi hari menjelang siang, sebenarnya bisa lebih cepat namun di puncak bogor, tepatnya di warung dekat masjid atta'awun saya dan saudara saya memutuskan untuk menikmati sate kelinci dan makanan lainnya, sebari menghangatkan tubuh dengan minuman hangat dari suhu dingin daerah puncak.

Makanan yang menggugah selera di puncak bogor

Warung - warung di sekitar masjid atta'awun adalah spot yang sangat cocok sebagai tempat peristirahatan sejenak saya, jika saya hendak ke cianjur ataupun ke bandung, sebelumnya saya sudah menjelaskan kenapa spot terbaik untuk istirahat bagi kalian yang akan ke cianjur atau bandung dari jakarta dengan akses jalan yang kalian melalui puncak bogor, sudah saya jelaskan pada artikel - artikel sebelumnya, untuk itu saya skip penjelasan saya terhadap spot terbaik istirahat di sekitar masjid atta'awun.

Melanjutkan dari yang tadi, mari kita lanjutkan kembali...
Kami beristirahat sekitar setengah jam, jika di lihat kita sampai di curug citambur jam 08:30 pagi, sedangkan kami berangkat dari jakarta pukul 00:15 dini hari, jika di hitung grostime kami selama perjalanan dari jakarta ke obyek wisata air terjun / curug citambur 8 jam 15 menit, itu bisa lebih cepat jika saya memutuskan untuk tidak beristirahat di puncak bogor.

Bukan masalah cepat atau tidaknya kita menuju obyew wisata yang akan kita kunjungi, yang penting itu menikmat perjalanannya walau dengan jarak jauh sekalipun, dengan hati-hati dan aman dalam berkendara (motor) dan keseruan - keseruan lainnya yang akan kalian dapat selama di perjalanan.

Cuaca yang sangat bersahabat pada saat saya mengunjungi obyek wisata tersebut, membuat kami sangat semangat dalam menikmati liburan ini, saat kami beristirahat di warung saya sangat memperhatikan tatakelola area obyek wisata air terjun / curug citambur ini, ternyata sekali lagi saya akan bilang salut buat pengelola dan warga sekitar yang kompak dalam membenahi area obyek wisata tersebut, saya sampai lupa untuk mengabadikan setiap area sekeliling obyek wisata air terjun / curug citambur yang saya lihat walau obyewk wisata air terjun / curug citambur sedang dalam proses renovasi untuk lebih baik lagi, karena pada saat itu yang ada dipikiran saya adalah rasa kagum akan antusias pengelolaan obyek wisata ini, pokoknya keren.

Jika tidak salah area tersebut sedang dibuat menjadi obyek wisata per blok-blok, maksudnya perblok-blok adalah bahwa pengelola membuat suatu obyek wisata menjadi beberapa area, gambaranya seperti kita ada di permaian monopoli, di setiap area di buat suatu landmark negara yang menjadi ciri khas kebudayaan negara yang di buat per-area walau masih tahap pengembangan.
Dengan pengelolaan tersebut kita dapat menyimpulkan dan kita bisa memberikan gambaran kedepan bahwa obyek wisata ini akan di tambah camping ground, outbond bahkan bisa di buat untuk acara gathering kantor, menurut saya, mungkin tidak mungkin bisa saja seperti itu juga dasarnya obyek wisata air terjun / curug citambur ini sudah di kelola sedemikian rupa baiknya.

Melanjutkan kembali, setelah saya cukupkan untuk istirahat di warung, saya melanjutkan menuju curug citamburnya, jika di estimasikan jarak dari warung menuju curug tidak terlalu jauh cukup 10-15 menit kita jalan dan sampai menuju air terjun / curug citambur, air terjun yang sangat besar dengan ketinggian 130 meter, tak perlu kalian bayangkan saran dari saya kalian datangi rasanya jika saya hanya menyuruh kalian hanya membaca kesan ini, mungkin kalian penasaran, jadi alangkah baiknya kalian juga datang ke sini dan menikmatinya langsung.

Track jalan menuju air terjun / curug citambur.

Sesampainya saya dan saudara saya di depan curug citambur , begitu besar, begitu menjulang sangat tinggi, sungguh pemandangan yang luar biasa yang bisa kami dapat disini, tetapi kami tidak mungkin untuk bermain air atau mandi di curug citambur dikarenakan pihak pengelola sudah membuat jarak area aman dengan pembatas bambu antara air terjun / curug citambur dengan pengunjung, sehingga pengunjung hanya bisa menikmati pemandangan dari jarak yang sudah di tentukan oleh pengelola air terjun / curug citambur.
Landscape air terjun / curug citambur - cianjur selatan

Pembatasan area yang di lakukan oleh pihak pengelola dan warga sekitar pasti sudah di pikirkan dan di kaji secara matang, berwisata dengan aman lebih di utamakan daripada terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, karena perilaku setiap pengunjung berbeda - beda, ada yang paham batasan keamanan ada pula yang berperilaku tidak baik, hanya karna ingin tampil hits dan exsis mereka menuju area berbahaya tanpa ragu.

Pemandangan air terjun / curug citambur bukan tidak bisa sepenuhnya untuk para pengunjung bermain air atau mandi, tenang..... karna setiap air terjun ada aliranya semakin kebawah semakin aman, pengelola juga telah membuat jalur aman untuk pengunjung yang ingin bermain air di area curug citambur, di jamin aman, namun saat saya kesana memang saya tidak bertujuan untuk mandi, hanya sedikit bermain air dan merendam kaki yang pegal-pegal.

Phot pemandangan curug citambur dari area aman, aliran anak curug citambur

Bisa kalian lihat aliran ini langsung dari curug citambur

Aliran air ini di gunakan untuk mengaliri air menuju area warga baik untuk mencuci, mandi atau kebutuhan sehari hari mereka, mengairi pesawahan, dan mengairi sungai buatan yang sedang di proses pengelola yang posisinya di area blok-blok yang dekat dengan pintu masuk yang sebelumnya saya sampaikan, merendam kami untuk meredakan rasa pegal dan tegangnya kaki selama perjalanan, dingin, segar dan udara yang sejuk membuat kita sangat nyaman berada di area air terjun / curug citambur.

Saya sampai lupa juga untuk memberitahukan kepada kalian, bahwa curug citambur ini menghadap langsung dengan pemandangan area persawahan yang luas, kita seakan berada di ujung tebing yang tinggi, jika kalian ke obyek wisata ini pasti akan paham dengan apa yang saya sampaikan.

Ada beberapa informasi lagi yang akan saya bagi ke kalian semua yang akan berkunjung ke obyek wisata air terjun / curug citambur atau curug lainnya untuk waktu - waktu yang disarankan ke obyek wisata seperti ini pastikan pas di hari libur atau hari kerja (jika mengambil cuti) tidak masalah asalkan jangan mencoba - coba untuk datang di saat musim hujan dengan intensitas hujan tinggi, namun jika kalian terlanjur mengunjungi saat hujan, maka tunggulah hujannya hingga berhenti terlebih dahulu.

Terimakasih telah mengunjungi dan membaca artikel di https://maincurug.blogspot.co.id