31 Agustus 2017

Tips Cerdas Merencanakan Liburan

Tips Cerdas Merencanakan Liburan
Sebagai referensi kalian untuk membuat perencanaan liburan yang akan kalian lakukan.

Air terjun / curug ciherang
( Jpeg. Sebagai Cover Artikel )

Salam Main Curug

   Kembali kita berjumpa, untuk sekarang artikel yang akan saya bagikan informasi-informasi mengenai perencanaan liburan, banyak sedikitnya semoga informasi ini bisa berguna bagi semua pembaca setia blog saya ini, artikel ini bertujuan untuk mengulas dan membahas bagaimana peran pentingnya suatu perencanaan yang dibuat sebelum melakukan perjalanan. perencanaan ini dibuat untuk memberikan suatu gambaran persiapan atau tindakan yang akan dilakukan sewaktu melakukan liburan, perencanaan liburan ini juga berfokus pada hal apa yang akan kalian lakukan atau kerjakan nantinya, baik itu liburan ke obyek wisata air terjun atau obyek wisata lainnya yang kalian targetkan, karena informasi yang akan di bahas ini semoga menjadi bahan acuan kalian dalam merencanakan kegiatan liburan kalian.

Langsung saja saya akan memulai membahas artikel ini dengan tips-tips yang berguna sesuai dengan urutan yang benar :

1. Pembahasan Perencanaan
   Perencanaan adalah suatu gagasan yang muncul atau terbayang dalam pemikiran untuk membuat suatu gambaran kegiatan atau hal yang akan dilakukan nantinya atau di waktu yang akan datang, perencanaan disini adalah hal-hal yang terkait dengan agenda liburan yang akan dikerjakan, baik itu esok hari, minggu depan, bulan depan atau waktu - waktu lainnya yang telah di bicarakan dan di sepakati. Perencanaan dibuat untuk membuat langkah-langkah atau agenda kegiatan yang akaln di kerjakan selama proses liburan dilakukan, dalam merencanakan suatu kegiatan ada hal yang perlu diingat, sebaik-baiknya sehingga terealisasikan. 

   Hal tertentu ini yang sangat berkaitan dengan penyususnan perencanaan dan menjadi tolak ukur sehingga kegiatan liburan nantinya tidak binggung apa yang di lakukan?, harus kemana?, dan lain-lainnya, mungkin menurut kebanyakan orang menganggap bahwa membuat perencanaan itu hanya hal sepele atau tidak berguna untuk di lakukan atau di buat. dengan berbagai alasan yang di utarakan. Benarkah demikian !...

   Ternyata tidak semua orang dapat merencanakan agenda liburannya atau membuat perencanaan, baik itu agenda liburan yang akan mereka lakukan. Jika tidak adanya perencanaan yang dibuat pada hari-hari sebelumnya, bisa saja liburan kalian akan gagal atau tidak ada kepastian untuk realisasinya, ada beberapa faktor yang bisa saya sarankan kepada kalian untuk mempermudah kalian semua dalam menyusun  perencanaan tersebut, faktor tersebut antara lain:

 a.  Faktor Waktu
 b.  Faktor Jarak Tempuh
 c.  Faktor Transportasi / Kendaraan
 d.  Faktor Budget / Dana
 e.  Faktor Target

   Semua itu pasti saling berkaitan, baik dari waktu, jarak tempuh, transportasi, dana, dan juga target. Kita tidak bisa sembarangan dalam menentukan hal yang ingin kita kerjakan dan dapat di pastikan hasilnya akan tidak seperti yang di inginkan, berantakan bahkan gagal total. walau dalam perencanaan bisa saja tidak sesuai dari apa yang di rencanakan di awal pembahasan, setidaknya kita memilki gambaran untuk melakukan kegiatan atau mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga natinya, hal tersebut lebih baik dari pada tidak merencanakan sama sekali.

Contoh perencanaan yang dibuat berdasarkan faktor jarak tempuh.

Faktor-faktor yang dapat menjadi acuan kita dalam membuat perencanaan ialah:

a. Waktu 
   Membahas faktor waktu adalah ketika kalian akan berbicara untuk menentukan seberapa banyak waktu yang kalian akan habiskan  selama masa liburan nanti, apakah sehari, 2 hari, 3 hari, seminggu atau sebulan, semua itu tergantung dari waktu yang kalian miliki dan kalianlah yang akan menentukannya.
   Waktu libur itu bisa kalian dapat dengan cara mengajukan cuti kerja bagi yang sedang bekerja, libur semster bagi mahasiswa ataupun pelajar pelajar, atau kalian yang memiliki waktu lebih dari itu dan tidak memiliki kesibukan lainnya, walau caranya berbeda - beda dalam mendapatkan waktu yang cocok namun dengan menentukan lamanya waktu yang akan di habiskan untuk berlibur harus akurat atau sesuai, tidak di tambah-tambahkan sehingga merusak perencanaan yang sudah di buat nantinya. kepastian waktu sangat di utamakan untuk melanjutkan faktor berikutnya yang akan di bahas.
   Dalam hal waktu yang perlu kalian ingat adalah perhitungan yang dibuat adalah dari hari pertama sampai hari akhir, setelah kalian dapat perkiraan berapa lamanya dan di tambah waktu yang kalian habiskan untuk keberangkatan dan kepulangan, karena jika kalian tidak memisahkan antara waktu untuk kalian liburan dengan waktu keberangkatan dan kepulangan, maka perhitungan waktu grosnya di dapat dari waktu liburan yang dipotong waktu pergi-pulang, namun jika kalian memisahkannya waktu grosnya akan di hitung dari waktu libur + waktu pergi + waktu pulang.

b. Jarak Tempuh, pemabahasan faktor jarak tempuh dapat kita cek langsung dengan survey google maps, baik menghitung dan mengkur jarak perkiraan dengan waktu tempuh dari awal keberangkatan menuju tempat tujuan, dengan begitu kita mendapat jarak tempuh yang sudah di cek dengan referensi google maps.
   Perkiraan jarak tempuh ini bukan berarti memperkirakan dengan semabarangan. karan jarak yang di tempuh baik untuk pergi ataupun pulang sangat menentukan terhadap perhitungan jumlah gros waktu liburan kalian. Gunakanlah gps sebagai alat bantu penanda rute yang akan kalian lewati, sehingga kalian bisa tau jarak dari kota a ke kota b, ada juga hambatan yang akan kita temui, baik itu kemacetan, perbaikan jalan, masalah kendaraan, atau hal-hal lain yang tidak terduga-duga di saat perjalanan kalian.

Saya ambil contoh jarak tempuh jakarta ke bogor dengan Google Maps
c. Transportasi, faktor transportasi erat kaitanya sebagai salah satu peranan penting yang kalian butuhkan, transportasi adalah kendaraan yang akan kalian gunakan untuk melakukan liburan, untuk perencanaan ini ketepatan dalam menentukan kendaraan harus dipikirkan dengan tepat, baik dari kondisi jalan yang nantinya akan di lalui menuju objek wisata yang akan di datangi, mengantisipasi apakah akses jalan yang kita lewati termasuk jalan dengan kawasan rawan kemacetan atau rawan kecelakaan.
   Penentuan kendaraan juga didasari dari siapa dan berapa orang yang akan kalian ajak untuk berlibur, siapa yang akan kalian ajak dalam merencanakan liburan tersebut, apakah itu keluarga, teman, tetangga atau rekan kolega, dan juga berapa orang yang akan melakukan liburan, sendiri, berdua, keluarga atau komunitas.
   Penentuan kendaraan, baik itu sendiri atau lebih dari itu, kalian bisa memilih menggunakan kendaraan umum, menggunakan jasa travel wisata atau dengan menggunakan kendaraan pribadi, untuk keputusan kembali lagi kepada kalian yang akan merencanakan liburan.

d. Budget atau dana, khusus untuk faktor budged atau dana, kita pasti tau dan sepakat bahwa ini adalah faktor utama yang perlu di pikirkan dan di persiapakan dengan serius, walau posisinya saya tepatkan di point ke empat pada pembahasan tips merencanakan liburan ini. Dana yang sangat berperan penting sangat menentukan akar dari semua perencanaan - perencanaan yang kalian buat.
   Mencangkup dalam semua faktor yang meliputi dana akomodasi ialah, baik kalian merencanakan liburan ke obyek wisata air terjun/ curug atau obyek wisata lainnya, karena sebaik apapun kalian telah merencanakannya tanpa ada dana yang dipersiapkan dengan baik, maka rencana liburan kalian bisa berantakan bahkan tidak akan pernah terrealisasi dengan baik.
   Saran dari saya untuk fakto dana lebih baik di persiapkan jauh - jauh waktu. namun jika kalian bisa siapkan dana yang tidak dipermasalahkan, maka bisa saya pastikan bahwa perencanaan yang kalian buat sudah sempurna.
Photo sebagai perlengkapan dan persiapan beserta budged / dana yang siap untuk berlibur

   Semoga artikel ini dapat memberikan informasi mengenai perencanaan yang akan kalian buat, sehingga kalian bisa menikmati liburan dengan langkah-langkah yang sudah di buat dan dipikirkan berdasarkan pertimbangan yang sangat baik.
semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk mengunjungi saya di :
- Chanel YouTube : #muhammadfanny70
- IG      : muhammadfanny70 / muhammadfanny72
- Blog  : https://maincurug.blogspot.com
Salam @maincurug

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Air Terjun / Curug Ciherang - Jonggol, Bogor, Jawa Barat

Air Terjun / Curug Ciherang - Jonggol, Bogor, Jawa Barat. (Obyek wisata air terjun / curug sebagai salah satu wisata unggulan di jonggo...